Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ranu Kumbolo

Author : Admin Adventure

Article Date : 24/05/2023

Article Category : Places & Gears

Layaknya tempat di alam bebas pada umumnya, danau ikonik menuju Mahameru ini juga punya sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh para pendaki lho, Superfriends. Apa saja etika yang wajib ditaati saat camping di Ranu Kumbolo? Sila simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pasti lo sudah nggak asing dengan Ranu Kumbolo kan, Superfriends? Atau, pernah singgah dan bermalam di sana? Yup, danau air tawar yang berada di ketinggian sekitar 2400 Meter di atas permukaan laut (Mdpl) ini memang populer banget di telinga para pendaki.

Kawasan yang terbilang landai dan pemandangannya yang luar biasa indah tentu membuat Ranu Kumbolo menjadi spot melepas penat atau bahkan berkemah. Demi menghargai kepercayaan warga setempat dan kelestarian lingkungan sebaiknya pahami etika yang wajib ditaati saat camping di Ranu Kumbolo berikut ini ya, Superfriends!

Spot Mendirikan Tenda

Image source: instagram.com/nunurizqoni22

Hal pertama yang patut untuk lo ketahui ketika berada di kawasan Ranu Kumbolo ialah tempat untuk mendirikan tenda. Pasalnya kawasan ini memang lumayan landai sehingga startegis banget buat camping, Superfriends

Di sekitar danau banyak terdapat tanah lapang, tapi ada dua lokasi yang bisa lo gunakan sebagai tempat mendirikan tenda, yaitu di savana dekat pos empat turun ke bawah dan dekat shelter di balik bukit Ranu Kumbolo dekat Tanjakan Cinta.

Sebaiknya, jangan mendirikan tenda selain di kedua spot tersebut. Pasalnya, kawasan di sekitar Ranu Kumbolo masih dianggap sakral oleh penduduk sekitar. Jadi, lebih baik untuk menghormati terlebih dahulu kalau lo mau tetap merasakan keindahan dari kawasan ini ya, Superfriends.

Jangan Berenang di Danau

Image source: instagram.com/ranukumbolo.id

Memang bila berada di kawasan Ranu Kumbolo melihat keindahan danaunya menjadi sebuah godaan untuk masuk ke dalamnya serta merasakan kesegaran yang ditawarkan. Belum lagi dengan kejernihan air danaunya yang ada, tentunya sangat menggoda agar lo bisa masuk ke dalamnya.

Mendengar keindahan yang ada di danaunya tersebut membuat banyak orang untuk berniat berenang di danau, namun sayang hal tersebut nggak boleh dilakukan, bukan masalah sakral atau apa nih Superfriends, namun lebih kepada alasan keselamatan dari para pendaki juga.

Perlu diketahui juga kalau danau ini memiliki kedalaman sekitar 28 meter serta suhu yang ada di danaunya pun nggak menentu, sehingga akan fatal sekali apabila lo berenang di sana. Oleh sebab itu, kalau lo masih mau selamat, jangan sekali-sekali untuk masuk ke dalam danau ini ya, cukup nikmati saja keindahannya dari pinggir danau, Superfriends!

Batas Mendirikan Tenda

Image source: instagram.com/vhuadvv

Bukan hanya mengenai tempatnya saja, namun untuk mendirikan tenda di kawasan Ranu Kumbolo memang harus mengikuti beberapa peraturan yang patut untuk lo turuti. Salah satunya ialah dengan batas untuk mendirikan tenda itu sendiri.

Karena untuk menjaga agar danau indah ini nggak tercemar, para pendaki juga dilarang untuk mendirikan tenda terlalu dekat dengan tepi danau. Jarak minimal ialah sekitar 15 meter dari tepi danau. Selain dari jarak tenda, lo juga nggak diperbolehkan untuk memberi makan ikan.

Yang paling penting untuk selallu menjaga kebersihan di kawasan danau ini ialah untuk nggak membuang sampah secara sembarangan apalagi ke dalam danau, karena tentunya dengan lingkungan yang bersih bukan hanya lo saja yang meraskaan kenyamanannya namun orang lain juga.

Jangan Mencemari Air Danau

Image source: instagram.com/hikeholic_

Berada di kawasan Ranu Kumbolo bukan hanya urusan tenda saja yang perlu untuk lo perhatikan, namun urusan mencuci alat makan juga menjadi salah satu perhatian. Karena memang lo nggak boleh untuk mencuci piring atau alat makan di tepi danau karena akan mencemari air danau.

Sebagai gantinya lo bisa membuat lubang galian yang berjarak 15 meter dari tepi danau, karena memang dengan lubang galian tersebut lo bisa menggunakannya sebagai tempat mencuci alat-alat makan seperti gelas, sendok dan piring sekaligus.

Lubang tersebut juga bisa lo gunakan untuk membuang sisa makanan lo yang kemudian ditimbun lagi setelah selesai digunakan. Namun untuk selalu diingat bukan untuk membuang sampah plastik, kertas atau bungkus lainnya yang nggak bisa diurai tanah sebaiknya lo kumpulkan dan simpan di kantong terpisah dan gatungkan di tas.

Lo bisa membuangnya di tempat sampah yang ada di rumah penduduk ketika turun gunung nantinya. Jadi, tetap jaga kebersihan ya, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Tips #Urban Action

Source:https://www.idntimes.com/travel/tips/lia-89/6-aturan-kemah-di-ranu-kumbolo-c1c2/full/4

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Adventure ke Sulawesi Utara, Ini Deretan Destinasi Wisata yang Bisa Lo Explore

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta Pusat, Luas dan Nyaman!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Menantang Maut di Tiger Beach Bahama, Bisa Diving Bareng Sekelompok Hiu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Hiking Santai di Bukit Trunyan Bali, Nikmati Pemandangan Sunrise dan Gunung Batur

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mau War Takjil di Semarang? Ini Rekomendasi Tempat yang Bisa Lo Serbu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Serunya Explore Pantai Paal, Spot Sunrise Terbaik di Sulawesi Utara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Punya View Pantai! Ini Rekomendasi Restoran untuk Bukber di Jakarta Utara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Adventure ke Blue Corner, Spot Diving Terbaik di Dunia yang Ada di Palau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mau Ngabuburit Sambil War Takjil di Surabaya? Ini Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Unik Banget! Ini Deretan Pantai Berpasir Pink yang Ada di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /