Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung di Kalimantan

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/09/2021

Article Category : Wilderness

Nggak hanya dikenal memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas dan sungai terpanjang, tapi di Pulau Kalimantan juga ada gunung-gunung yang punya medan menantang, Superfriends. Pulau ini emang dikenal punya kekayaan alam yang memukau.

Meski ada banyak gunung di pulau ini, namun nyatanya Pulau Kalimantan nggak memiliki gunung aktif sama sekali. Hal ini karena Pulau Kalimantan merupakan bagian kerak benua yang stabil dan jauh dari batas lempeng.  Nah, deretan gunung yang ada di Pulau Kalimantan ini bisa banget jadi pertimbangan lo buat jadi lokasi mendaki, Superfriends.

Penasaran sama gunung-gunung tertinggi dan menantang di Pulau Kalimantan yang bisa jadi destinasi mendaki lo selanjutnya? Langsung aja nih cari tau informasi selengkapnya!

1. Gunung Bukit Raya

Image source: pecintaalam.org

Menjadi gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, Gunung Bukit Raya sendiri memiliki ketinggian yang mencapai 2.278 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, gunung ini termasuk dalam areal konservasi.

Selain dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, ternyata Bukit Raya juga dikenal memiliki medan pendakian yang cukup sulit, Superfriends. Mungkin ini juga yang jadi alasan mengapa nama Bukit Raya masih agak asing di telinga pendaki.

Menariknya, awal pendakian ini dimulai dari Provinsi Kalimantan Barat dan puncaknya berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Konon, biaya buat mendaki gunung ini cukup menguras kantong. Nggak heran kalau masih banyak pendaki yang jarang mendaki gunung ini.

2. Gunung Liangpran

Image source: ilmugeografi.com

Selanjutnya, di urutan gunung tertinggi kedua ada Gunung Liangpran, yang memiliki ketinggian sekitar 2.240 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kecamatan Long Pahangai, Kutai Barat, Kalimantan Timur, gunung ini dikenal memiliki hutan yang masih asri dan jarang dijamah manusia.

Gunung Liangpran juga memiliki keanekaragaman dan kelimpahan anggreknya. Sama seperti Gunung Bukit Raya, buat menuju lokasi ini juga butuh biaya yang cukup banyak, itulah mengapa masih jarang pendaki yang mau menaklukkannya.

3. Gunung Menyapa

Image source: gunungbagging.com

Memiliki ketinggian yang mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut, Gunung Menyapa punya nama yang cukup unik. Gunung tertinggi ketiga di Pulau Kalimantan ini emang seperti namanya, karena cukup ramah bagi para pendaki dan punya pesona indah lewat kawah lebar yang ada di puncaknya.

Kawah lebar tersebut merupakan dampak dari letusan yang terjadi di masa lalu. Sampai sekarang, masih belum ada informasi mengenai tempat ini. Bisa dibilang, Gunung Menyapa menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Kalimantan Timur.

4. Gunung Halau-halau

Berikutnya ada Gunung Halau-halau yang terletak di Kampung Kiyu, Ds. Hina Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai, Kalimantan Selatan. Namanya mungkin masih jarang terdengar, tapi nyatanya gunung ini dikenal punya medan pendakian dengan tingkat kesulitan cukup tinggi, Superfriends.

Dengan ketinggian sekitar 1.901 meter di atas permukaan laut, Gunung Halau-halau sesungguhnya terletak di tiga wilayah kabupaten, yakni Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, dan Tanah Bambu.

5. Gunung Latuk

Selanjutnya ada Gunung Latuk. Gunung yang terletak di Long Bena, Pujungan, Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, ini mungkin masih asing banget di telinga. Memiliki ketinggian yang mencapai 1.850 meter di atas permukaan laut, sayangnya informasi mengenai Gunung Latuk ini masih sangat sedikit. Nggak heran kalau masih banyak pendaki yang nggak mengenalnya.

Itulah deretan gunung tertinggi yang juga menantang di Pulau Kalimantan. Gunung mana yang pengen lo jadikan tujuan mendaki selanjutnya, Superfriends?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Hiking

Source:https://jejakpiknik.com/gunung-tertinggi-di-kalimantan/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /