Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ali Melepas Album Perdana Mereka Berjudul Malaka

Author : Admin Music

Article Date : 26/05/2023

Article Category : Super Buzz

Ali adalah nama sebuah unit yang akhirnya melepas album perdana mereka bertitel Malaka. Album perdana tersebut dirilis usai mereka melepas beberapa single dalam periode 2021 hingga awal 2023 lalu. Album Malaka pun resmi meluncur pada 5 Mei 2023 lalu yang dirilis oleh Anukara Records.

Judul album Malaka ini diambil dari Selat Malaka, sebuah “pintu gerbang” sejak masa silam yang menjadi salah satu pintu masuk budaya Timur Tengah di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. 

Album Malaka sendiri adalah upaya Ali untuk menggabungkaan kultur musik Timur Tengah, musik Indonesia dekade 1970-an, disco, funk, cinematic sooul, psychedelic rock, dan banyak lagi. Ali berharap agar album perdana mereka ini dapat menjadi nuansa baru di kancah musik tanah air.

Band ini merasa peleburan kultur Timur Tengah dan Indonesia sudah terjadi sejak berabad-abad lalu. Ali pun memilih bahasa Arab dalam penulisan untuk semua lirik lagunya di album tersebut. Meski banyak mengadaptasi musik Timur Tengah, para personel Ali tidak mau dibatasi oleh pakem musik tersebut. Pasalnya, memang cukup sulit untuk menemukan gaya musik yang biasa mereka bawakan di belahan dunia mana pun yang bernuansa musik padang pasir, berbaur dengan nuansa kepulauan dan pesisir.

Dalam penggarapan album perdana ini, Ali mendapat bantuan dari berbagai pihak. Beberapa nama seperti Yosaviano Santoso dan Jonathan Pardede duduk sebagai sound engineer; Viki Vikranta untuk proses mixing, dan Moko Aguswan yang dibantu Mike Grinser terlibat dalam proses mastering. 

Sementara pembuatan artwork untuk album dan layout untuk sampul albumnya dikerjakan sendiri oleh pemain bass sekaligus vokalis Ali, Arswandaru.

Album Malaka ini beredar dalam format piringan hitam dan didistribusikan melalui Sound Metaphors yang berbasis di Berlin. Album ini juga bakal dipasarkan di beberapa toko rekaman pilihan di Asia dan Australia. Sementara versi digitalnya bisa didengarkan via Bandcamp. Superfriends, coba lo dengerin dulu nih sambil nikmatin lagunya yang asik banget:

 

Pada Januari lalu, Ali melepas single anyarnya pada 27 Januari lalu berjudul Crystal Sand. Trio cinematic-funk/soul yang beranggotakan Arswandaru, John Paul Patton, dan Absar Lebeh ini melepas lagu terakhirnya dalam rangkaian rilisan single menuju album perdana mereka.

Single Crystal Sand dikemas dengan tempo yang lebih upbeat dan didominasi oleh elemen afrobeat yang rapat. Singe ini pun jadi berbeda dari single-single mereka sebelumnya, belum lagi karena ritme funk dan petikan dawai khas Timur tengah yang tetap mereka pertahankan dalam lagu ini.

Ali mengungkapkan bahwa lagu ini merupakan “moodbooster song”, sekaligus untuk menggambarkan lagu tersebut. Mereka juga menyerahkan sepenuhnya kepada para pendengar untuk menginterpretasi, memaknai, dan menikmati lagu ini. Liriknya sendiri diciptakan oleh sang vokalis, Arswandaru yag direkam di Studio Masak Suara. 

Untuk proses penggarapannya, Ali mendaulat Jonathan Pardede untuk menjadi sound engineer Crystal Sand. Dan, seperti single sebelumnya, rekan John di Kelompok Penerbang Roket, Viki Vikranta kembali berperan sebagai mixing engineer. Proses mastering juga masih dipercayakan kepada Moko Aguswan.

Superfriends, Crystal Sand bisa lo dengarkan langsung di seluruh platform streaming musik:

Sementara pada Agustus 2022 lalu, Ali muncul dengan single berjudul Shoreline Transit. Single yang dilepas akhir Agustus 2022 itu menjadi tindak lanjut dari beberapa single mereka sebelumnya seperti Dance, Habibi dan Downtoown Srtut.

Unit cinematic-funk/soul yang sebelumnya dihuni oleh John Paul Patton dan Arswandaru ini masih membawa benang merah yang sama dalam single ini. Lewat musik ciptaannya, mereka berupaya untuk menenangkan para pendengarnya dan diharapkan juga bisa menjadi sebuah medium untuk melepaskan penat.

Dalam sebuah pernyataan, Ali mengungkapkan, “Misalnya, beban pekerjaan yang menumpuk, atau yang lebih aktual tentang kejenuhan selama pandemi yang tak kunjung usai. Lagu ini diharapkan dapat menjadi mood booster bagi para pendengar.”

Shoreline Transit yang berdurasi kurang dari tiga menit ini dibuka dengan suara deburan ombak yang disusul oleh iringan instrumen hingga durasi berakhir. Beberapa sentuhan elemen-elemen musik Timur Tengah tetap terdengar dan memang sudah dibentuk sebagai karakter Ali sejak awal.

Viki Vikranta dari Kelompok Penerbang Roket duduk di bangku mixing engineer, ditemani oleh Moko Aguswan sebagai mastering engineer untuk lagu ini. Nama Yosaviano Santoso pun ikut ambil bagian di single ini bersama Ayla Adjie yang mengisi departemen perkusi. Untuk urusan visual, Ali masih mempercayakan karya dari seorang fotografer asal Australia, Michael Tartaglia.

Superfriends, lo juga bisa simak nih single Shoreline Transit dari Ali yang bisa diakses di berbagai platform bersama dua single Ali lainnya:

Image source: https://www.instagram.com/ali__radio/

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Ali #Album Perdana #Malaka #Timur Tengah

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /