Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Bandung Raya

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/09/2021

Article Category : Wilderness

Bandung Raya menjadi salah satu wilayah metropolitan yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang yang ada di Provinsi Jawa Barat. Konon wilayah ini juga dikenal karena dikelilingi sama  gunung-gunung, Superfriends.

Ibaratnya, kalau lo berada di ketinggian dan melihat Bandung, wilayah ini seakan berada di dasar wajan raksasa dan sekeliling mulut wajan tersebut adalah gunung-gunung yang mengelilinginya. Kalau ada istilah seven summits yang menggambarkan tujuh gunung tertinggi di dunia, maka Bandung Raya juga punya tujuh gunung yang mengelilinginya, Superfriends.

Mulai dari sebelah barat Bandung terdapat Gunung Burangrang, di utara ada Gunung Bukit Tunggul sebagai titik tertingginya, di timur ada Gunung Manglayang dan Gunung Mandalawangi, serta di selatan ada Gunung Tambakruyung, Gunung Patuha, dan Gunung Kendang.

Nah, lo sendiri sebagai anak gunung udah pernah berkunjung ke tujuh gunung yang mengelilingi Bandung Raya ini belum? Penasaran sama keindahan gunung-gunung tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Gunung Burangrang

Image source: instagram.com/gusstrav

Terletak di dua kabupaten, yakni Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat, Gunung Burangrang memiliki ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut. Gunung yang dikenal dengan legenda Sangkuriang tersebut punya tiga jalur pendakian, Superfriends.

Tiga jalur itu antara lain: jalur Legok Haji di Kampung Legok Haji, Desa Pasirlangu; jalur Komando di Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat; dan satu lagi melalui Desa Pesanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Ini menjadi salah satu gunung favoritnya para pendaki karena pemandangannya yang indah dan eksotis.

2. Gunung Bukit Tunggul

Image source: travelling.blogekstra

Dengan ketinggian 2.208 meter di atas permukaan laut, Gunung Bukit Tunggul terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, dan Cisalak, Kabupaten Subang.

Gunung yang juga dikenal sama legenda Sangkuriang ini memiliki jalur pendakian yang umum yaitu dari Kampung Pasir Angling, Desa Sunten Jaya, Lembang, dan dari Perkebunan Kina Bukit Tunggul PTPN VIII, tepatnya dari Kampung Pangli, Desa Cipanjalu, Cilengkrang. Puncaknya yang dipenuhi pepohonan nggak bakal memberikan pemandangan eksotis, tapi lo bisa menemukan kolam atau babalongan yang unik.

3. Gunung Manglayang

Image source: shutterstock.com/mirfanibr

Menjadi salah satu gunung tertinggi di timur Bandung, Gunung Manglayang memiliki ketinggian 1.824 mdpl. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Cilengkrang, Cibiru, dan Cileunyi, Kabupaten Bandung, serta Kecamatan Jatinangor dan Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang.

Jalur pendakian yang umum digunakan adalah jalur Buper Batukuda, Kecamatan Cibiru, dan melalui jalur Barubeureum Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang. Ada dua puncak yang sering dituju pendaki, yaitu puncak utama dan puncak timur (1.600 mdpl) dengan pemandangannya yang menakjubkan.

4. Gunung Mandalawangi

Image source: sukumuter.blogspot.com

Selanjutnya ada Gunung Mandalawangi dengan ketinggian 1.650 mdpl yang terletak di Kecamatan Nagreg dan Kecamatan Kadungora dan menjadi batas antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Menariknya, gunung ini punya hampir 25 puncakan, dan yang paling sering didaki adalah puncak Komando/Belati dan puncak Masigit. Jalur yang paling umum digunakan adalah dari Kampung Cibisoro, Desa Bojong, Kecamatan Nagreg.

5. Gunung Kendang/Kendeng

Image source: instagram.com/di.lintang.selatan

Secara administratif, Gunung Kendang berada di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung dan sisi timur di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Dengan ketinggian 2.617 mdpl atau yang tertinggi di Bandung Raya, Gunung Kendang/Kendeng juga sering disebut sebagai ‘Mount Everest’nya Bandung, Superfriends.

Jalur pendakian yang umum digunakan adalah melalui Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari. Dan yang menjadi daya tarik gunung ini adalah adanya savana di sekitar puncaknya.

6. Gunung Patuha

Image source: shutterstock.com/Ijam Hairi

Menjadi gunung tertinggi kedua dalam daftar tujuh puncak di Bandung Raya, Gunung Patuha memiliki ketinggian 2.434 mdpl. Secara administratif, gunung ini berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Gunung Patuha terkenal dengan objek wisata Kawah Putih yang berada di bawah puncak utama. Untuk menuju puncak Patuha, pendakian bisa ditempuh melalui Kampung Cipanganten, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, dan melalui Wanawisata Kawah Putih.

7. Gunung Tambakruyung

Dengan ketinggian 1.994 mdpl, Gunung Tambakruyung terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, dan Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat.

Meski punya jalur pendakian yang cukup menantang, gunung ini nyatanya nggak begitu populer sebagai tujuan mendaki. Jalur pendakian yang umum digunakan adalah melalui Kampung Waluri, Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey. Gunung yang punya dua puncak ini juga cukup dekat dari pusat Kecamatan Ciwidey.

Itu tadi ketujuh puncak gunung yang mengelilingi Bandung Raya, Superfriends. Dari ketujuh gunung tersebut, mana yang udah pernah lo daki?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Hiking #Beginner #Extreme

Source:https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01306226/mengenal-tujuh-puncak-gunung-di-bandung-raya?page=all

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /