Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Jenis Teknik Vokal yang Perlu Segera Dikuasai

Author : Admin Music

Article Date : 09/08/2022

Article Category : Super Buzz

Teknik vokal adalah hal yang perlu diperhatikan jika kalian ingin bernyanyi dengan baik dan benar. Teknik vokal perlu segera dikuasai dalam latihan vokal agar kalian dapat menghasilkan suara dan bunyi yang jelas, panjang-pendeknya sebuah nada, merdu, nyaring, dan berkualitas.

Ada beberapa jenis teknik vokal yang perlu kalian dilatih secara rutin agar dapat meningkatkan kemampuan dalam bernyanyi. Jenis-jenis teknik vokal yang bisa dilatih antara lain teknik intonasi, teknik artikulasi, teknik resonansi, teknik pernapasan, dan teknik pembawaan. Tingkatkan kemampuan dan potensi kalian di bidang tarik suara dengan menguasai lima teknik vokal tersebut.

Mengenal Pengertian Teknik Vokal

Semua orang sebenarnya bisa menyanyi, dan hampir semua orang pasti menyukai seseorang yang bisa bernyanyi dengan suara yang bagus. Untuk itu, diperlukan latihan teknik vokal yang matang agar menghasilkan suara yang berkarakter dan disukai banyak orang. Nah, teknik vokal sendiri, pada dasarnya dapat diartikan sebagai suatu cara yang digunakan seseorang agar bis menghasilkan suara yang baik dan efisien. 

Sejumlah penyanyi profesional yang lagu-lagunya sering kalian dengarkan dengan hasil olah vokal yang mempesona tentu saja telah menguasai teknik vokal dengan baik. Superfriends, perlu kalian ketahui bahwa pengolahan teknik vokal yang tepat tentu akan membantu kalian dalam menjaga anatomi tubuh seorang penyanyi jadi lebih kuat dan stabil.

Beberapa Jenis Teknik Vokal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, adalah perlu untuk mempelajari beberapa jenis teknik vokal. Di antaranya adalah teknik intonasi, artikulasi, resonansi, pernapasan, dan pembawaan. Simak penjelasan selengkapnya mengenai teknik-teknik vokal berikut ini.

  1. Teknik intonasi

    Teknik intonasi adalah teknik vokal yang teknik perlu dipelajari dan segera dikuasai. Teknik ini berkaitan dengan kemampuan dalam menentukan ketepatan tinggi serta rendahnya suatu bunyi di setiap nada. Hal tersebut berarti, ada penekanan yang berbeda-beda dalam setiap jumlah suku kata pada sebuah lirik lagu yang dinyanyikan.

    Menguasai teknik intonasi akan membantu kalian untuk menghasilkan suara yang jernih, nyaring, dan sangat nyaman ketika didengarkan. Ada beberapa tips untuk kalian yang ingin segera menguasai teknik intonasi ini, mulai dari latihan bernyanyi dengan tempo lambat dan diubah menjadi tempo yang lebih cepat; latihan bernyanyi meggunakan tempo yang lebih variatif; latihan bernyanyi dengan nada yang lebih variatif, dari nada rendah ke tinggi dan melafalkan artikulasi na, ka, la, dan ra; dan latihan bernyanyi menggunakan tangga nada kromatis.

  2. Teknik artikulasi

    Teknik artikulasi adalah jenis teknik vokal untuk melakukan perubahan saluran di ruang rongga udara. Tujuannya agar seorang penyanyi bisa menghasilkan bunyi atau suara yang lebih jelas. Beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan agar menguasai teknik ini dengan baik adalah dengan melatih sikap badan; melatih posisi mulut; melatih teknik vokalisis; melatih teknik pembentukan bunyi vokal; serta melatih teknik pembentukan bunyi konsonan.

  3. Teknik resonansi

    Teknik vokal berikutnya adalah teknik resonansi, yang dalam aktivitas bernyanyi merupakan suatu gejala bunyi yang mengembalikan bunyi ke suatu ruangan lain. Hal ini bisa jadi menimbulkan semacam gema karena adanya pantulan suara yang berasal dari ruangan dengan dinding keras. Resonansi memiliki peran yang sangat penting untuk membuat pita suara menjadi lebih nyaring dan indah.

    Resonansi dapat dibentuk secara alami dan menghasilkan suara yang nyaring apabila dilakukan latihan dengan optimal. Hal ini terjadi karena suara yang yang berasal dari pita suara hanya memiliki ukuran 1,5-2 cm saja, atau sangat lemah.

    Terdapat empat rongga resonansi yang dimiliki pada tubuh manusia, di antaranya adalah:

    • Resonan atas atau langit-langit keras (nasal cavities), semua rongga yang terletak di atas mulut dan tenggorokan pada kepala manusia.
    • Resonan tengah, rongga yang terletak pada mulut dan bagian belakang mulut atau biasa disebut faring.
    • Resonan bawah (dada).
    • Resonan yang bentuknya tidak bisa diubah terletak pada rongga dahi, rongga tulang baji, rongga tulang saringan, rongga rahang.
  4. Teknik pernapasan

    Dalam bernyanyi, pernapasan menjadi salah satu teknik vokal yang berperan penting sehingga perlu untuk dilatih secara rutin dan berkelanjutan. Hal itu disebabkan karena seorang penyanyi akan lebih memerlukan banyak udara yang keluar dan masuk melalui paru-paru. Ada tiga jenis teknik pernapasan yang perlu kalian kuasai jika ingin serius dalam dunia tarik suara ini, di antaranya adalah melatih pernapasan dada; melatih pernapasan perut, dan melatih pernapasan diafragma.

  5. Teknik pembawaan

    Teknik vokal terakhir yang perlu kalian kuasai adalah teknik pembawaan, yang secara mendasar merupakan bagian dari teknik yang harus dimiliki oleh penyanyi pada saat membawakan sebuah lagu. Jika tidak bisa membawakan lagu dengan benar, orang yang mendengarkan—mungkin juga penggemar—juga tidak akan menyukainya. Maka, teknik pembawaan juga penting untuk dikuasai karena dapat mempengaruhi performa kalian saat menyajikan lagu untuk pendengar. Beberapa hal yang perlu dipelajari dalam teknik ini antara lain tema, tempo, dinamik, ekspresi, irama, pesan, dan gaya menyanyi.

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

# teknik vokal #vokal #menyanyi #teknik intonasi #Teknik Resonansi #teknik pernapasan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /