Reli Dakar atau yang dulu populer dengan nama Paris-Dakar merupakan ajang balap bergengsi tahunan yang diikuti oleh kalangan pembalap profesional maupun amatiran. Pada awal kemunculannya, Reli Dakar digelar dengan rute Paris-Dakar dengan panjang sekitar lebih dari 5.000 kilometer, bro. Balapan extreme ini dibagi dalam tiga jenis kendaraan, mobil, motor dan truk.
Kelas balap roda dua menjadi kelas balap Reli Dakar yang terbilang extreme. Bayangkan, balapan motor diselenggarakan dengan jarak tempuh ribuan kilometer, bro. Nggak heran kalau motor pada balapan Reli Dakar dilengkapi berbagai macam peralatan khusus untuk menunjang performa dan keselamatan pembalapnya.
Salah satu yang terlihat paling mencolok yaitu panel besar pada kepala motor. Jika dibandingkan dengan motor biasa, panel instrumen pada motor Reli Dakar memanglah terlihat jauh lebih besar. Apa saja sebenarnya isi dari panel tersebut? Berikut ini lima instrumen penting yang ada pada panel depan motor Reli Dakar.
[readalso url=21606]
Roadbook
Instrumen satu ini menjadi bagian paling penting di motor Reli Dakar. Biasanya, Roadbook terletak di bagian tengah dan paling besar tampilannya. Instrumen ini sebenarnya terbuat dari lembaran kertas panjang yang berisi penunjuk arah yang spesifik pada trek Reli Dakar.
Roadbook biasanya ditempatkan di tengah dengan penyangga berupa aluminium. Terdapat motor elektrik untuk menggulung Roadbook ke depan dan kebelakang jika dibutuhkan. Tanpa instrumen yang satu ini, kecil kemungkinan pengendara bisa menyelesaikan Balap motor Reli Dakar.
Tripmeter dan Kompas
Image source: zonabikers.com
Dua instrumen kembar ini bentuknya terlihat sangat mungil. Letaknya persis berada di atas Roadbook . Sebelah kiri adalah tripmeter dan sebelah kanan adalah kompas. Tripmeter dan kompas pada panel motor Reli Dakar terkoneksi dengan pelacak GPS yang disediakan oleh panitia. Tujuannya tentu saja untuk meminimalisir kemungkinan pembalap tersesat.
Tripmeter fungsinya untuk memberi pengukuran jarak yang akurat dalam satuan kilometer. Seperti biasa, kompas berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin secara akurat dengan nomor dan derajat mata angin.
[readalso url=21588]
Tripmeter Cadangan
Bergeser ke arah bawah, tepatnya dibawah Roadbook ada tripmeter cadangan. Meskipun disertai dengan nama 'cadangan', trip meter yang satu ini tidak menggantikan fungsi utama tripmeter di samping kompas lho, bro. Jika tripmeter utama bagian atas terkoneksi dengan GPS. Maka, tripmeter cadangan di bawah Roadbook ini terkoneksi dengan sensor di ban depan untuk mengukur jarak yang ditempuh.
Biasanya pembalap motor Reli Dakar menggunakan tripmeter bagian atas sebagai acuan utama, bro. Pasalnya, tripmeter utama ini terkoneksi dengan GPS dan dinilai sangat akurat untuk menentukan jarak. Nggak heran, kalau tripmeter bagian bawah hanya berfungsi sebagai cadangan.
GPS
Jika biasanya GPS berfungsi untuk menentukan navigasi, dalam balap motor Reli Dakar panel instrumen yang satu ini hanya berfungsi untuk menentukan waypoint. Sebab, fungsi navigasi sudah dijalankan penuh oleh Roadbook . Titik waypoint dalam GPS pun sudah di setting penuh oleh pihak penyelenggara, jadi pereli hanya mengikuti arahan yang sudah ada.
Waypoint merupakan checkpoint di tiap stage. Ketika pereli mendekati waypoint, mereka mendapat arahan berupa anak panah pada tampilan GPS. Nah, arahan anak panah ini menunjukkan arah yang sesungguhnya dari waypoint.
Terdapat dua jenis waypoint di Reli Dakar, yaitu waypoint mask atau WPM dan waypoint safety atau WPS. Di WPM, GPS mulai menunjukkan arah saat kendaraan pereli memasuki wilayah 800 meter dari titik waypoint dan pereli dianggap sukses jika memasuki wilayah 200 meter dari titik itu.
Sementara di WPS, pereli akan melihat titik waypoint dari jarak 3 km namun pereli harus berada 90 meter dari titik untuk dianggap melewati waypoint tersebut. Ada juga checkpoint khusus, pereli harus berhenti dan mendapatkan stempel dari panitia penyelenggara di timecard mereka.
Peralatan Keselamatan
Panel instrumen ini wajib ada pada setiap motor Reli Dakar untuk menunjang keamanan dan keselamatan para pereli. Panel peralatan keselamatan ini berupa iritrack safety tracker atau pelacak yang bisa melacak posisi kendaraan para pereli.
Ketika tombol merah atau tombol darurat ditekan, maka motor pereli akan mengirimkan sinyal darurat pada penyelenggara. Biasanya pereli akan di kontak terlebih dahulu untuk menanyakan keadaan terkini. Jika tidak ada respon selama sekitar tiga menit, maka tim penyelamat akan segera datang ke tempat sinyal darurat dikirimkan.
Referensi : www.gridoto.com
ARTICLE TERKINI
Author :
Article Date : 15/05/2020
Article Category : Gear
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :